Beranda » Artikel Blog » 8 Jenis Sepatu Pria untuk Tampilan Formal Maksimal

8 Jenis Sepatu Pria untuk Tampilan Formal Maksimal

Diposting pada 30 January 2021 oleh demo2 | Dilihat: 339 kali | Kategori:

Jenis Sepatu Formal Pria – Berbicara soal tampilan formal pada pria, pemilihan sepatu pria menjadi salah satu elemen penting dalam menciptakan formal look. Namun, sepatu formal pria ada banyak pilihan dan jenisnya. Jenis sepatu formal pria seperti apa yang kira-kira cocok untuk gaya formal-mu? Yuk, simak berbagai jenis sepatu pria formal berikut!

Jenis Sepatu Pria untuk Tampilan Formal

Sepatu Oxford

Salah satu jenis sepatu formal pria yang cukup populer adalah sepatu Oxford. Nama Oxford sendiri dipakai karena jenis sepatu ini pertama kali dipakai dan mulai dikenal ketika banyak digunakan mahasiswa Universitas Oxford.

Disebut juga Balmoral Shoes / Bals, sepatu formal pria satu ini memiliki model jahitan closed stitching dan sangat tertutup sehingga ketika dipakai akan sangat pas. Jenis satu ini memang sering dijadikan pilihan sepatu formal yang cocok dipadupadankan dengan jas ataupun blazer formal.

Sepatu Oxford juga dibagi lagi jadi beberapa jenis:

Plain Toe: Sepatu Oxford jenis ini tidak memiliki detail dan polos. Pilihan paling tepat untuk dijadikan sepatu formal pria.

Cap Toe: Detail dekoratif, pada bagian ujung depan adalah ciri dari jenis sepatu Oxford ini. Dibandingkan sepatu Oxford plain toe, jenis ini lebih cocok untuk busana semi-formal. Padupadankan sepatu Oxford jenis ini dengan jenis bawahan pria lebih kasual seperti chinos akan jadi pilihan tepat.

Apron: Sepatu Oxford satu ini memiliki jahitan melingkar pada bagian ujung seperti pada Loafers dan Derby. Pilihan sepatu formal ini cocok untuk digunakan kerja sehari-hari.

Wing Tip: Ciri dari jenis sepatu Oxford satu ini adalah jahitan berbentuk W pada bagian tengah atau depan sepatu. Pada jenis tertentu, jahitan ini muncul dengan elemen dekoratif sehingga terkesan lebih kasual.

Dress Boots

Siapa bilang sepatu boots tidak bisa jadi pilihan sepatu formal. Jika kamu ingin menggunakan boots untuk acara formal, Dress Boots adalah solusinya. Dengan bagian bawah menyerupai sepatu Oxford plain toe, sederhana polos dengan ikatan tali sangat sangat tertutup, yang membedakan Dress boots dari sepatu Oxford adalah tinggi dari sepatu ini.

Untuk tampilan formal maksimal, pilih Dress boots berwarna gelap dan pasangkan dengan kemeja dan jas terbaik yang kamu miliki.

Loafers

Jika kamu nggak ingin ribet dengan perkara tali sepatu, sepatu formal jenis Loafers adalah pilihan yang tepat. Sepatu ini mulai dikenal sejak 1926 ketika King George VI meminta sepasang sepatu dengan tampilan dan gaya yang lebih santai untuk digunakan sekitar rumah. Itulah mengapa tampilan dari sepatu Loafers lebih pas untuk mendampingimu dalam acara-acara semi-formal.

Karena itu pula, jenis sepatu formal pria satu ini hadir dengan lebih banyak pilihan jenis bahan dan juga warna sehingga bisa kamu sesuaikan dengan acara yang ingin didatangi.

Monk Strap

Ingin tampilan bersih seperti sepatu Oxford namun nggak suka kehadiran tali sepatu? Jika ya, kamu bisa mencoba jenis sepatu formal Monk Strap yang memiliki detail menyerupai sepatu oxford namun untuk bagian tali sepatu digantikan dengan strap lebar.

Sama seperti sepatu Oxford, jenis sepatu formal satu ini sangat pas untuk pilihan acara-acara formal melengkapi dasi dan setelan formal yang sudah kamu kenakan.

Derby

Sekilas, penampilan sepatu Derby terlihat seperti sepatu Oxford. Namun, jika diperhatikan lebih seksama, sepatu jenis ini memiliki jenis jahitan tali sepatu yang lebih terbuka sehingga lebih fleksibel saat digunakan. Cocok sekali buat kamu yang ingin mengunjungi acara formal yang memerlukan banyak gerak dan aktivitas.

Karena fleksibilitasnya juga, jenis sepatu formal pria ini sering jadi pilihan untuk pria-pria yang memiliki kaki berukuran besar.

Chelsea Boots

Satu lagi jenis sepatu boot yang bisa jadi pilihan sepatu untuk acara formal adalah Chelsea boots. Sepatu formal ini memiliki model slip-on dan memanjang layaknya sepatu boot pada umumnya. Dibandingkan dengan dress boot, chelsea boot adalah jenis sepatu boot formal yang lebih simple dan praktis.

Biasanya untuk tampilan formal dipilih sepatu kulit berwarna gelap. Namun, kamu juga bisa memilih warna yang lebih terang dan cerah untuk acara-acara yang lebih kasual.

Chuka Boots

Ingin pakai sepatu boot, tapi takut terganggu karena modelnya yang terlalu tinggi? Jika ya, coba gunakan chukka boots. Sama-sama menutupi bagian ankle, chukka boots memiliki tinggi yang lebih rendah sehingga jauh lebih fleksibel untuk bergerak. Cocok banget untuk kamu yang aktif.

Nggak cuma untuk tampilan formal, chuka boots juga keren untuk digunakan secara kasual dengan jeans dan juga kaos santai!

Opera Pump

Dibandingkan sepatu formal pria sebelumnya, jenis sepatu pria satu ini memang lebih jarang terdengar. Memiliki model menyerupai sepatu pump wanita, hanya saja dengan ukuran pria, sepatu ini punya tampilan yang sleek sehingga cocok untuk kamu yang ingin terlihat rapi dan formal.

Itulah kedelapan jenis sepatu pria formal yang bisa jadi referensi kamu dalam menciptakan tampilan formal yang keren. Jangan lupa, yang terpenting saat memilih sepatu formal adalah kenyamanannya. Ketahui acara dan pastikan kamu memilih pilihan sepatu yang tepat!

Bagikan

8 Jenis Sepatu Pria untuk Tampilan Formal Maksimal | Live Demo

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

KUNJUNGI TOKO KAMI

NAMA TOKO ANDA
Jl. Kesuksesan No. 01, Kel. Noyontaansari
Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan
Indonesia
E-mail : [email protected]

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Template toko online WordPress idaman seller di Indonesia. Desain keren, fitur lengkap, SEO friendly, fast loading dan tentunya mudah digunakan. Gokil!

Chat via Whatsapp
Jon Snow
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Jon Snow
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja