Beranda » Artikel Blog » 10 Rekomendasi Kemeja Batik Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

10 Rekomendasi Kemeja Batik Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Diposting pada 30 January 2021 oleh demo2 | Dilihat: 553 kali | Kategori:

Kemeja batik adalah pakaian dengan corak khas Indonesia yang menjadi fashion item wajib untuk pergi ke kondangan atau acara resmi. Namun, saat ini banyak juga corak batik yang menarik untuk bisa digunakan hangout atau acara santai.

Anda yang sedang mencari kemeja batik untuk pria wajib membaca artikel ini hingga akhir. Kami akan membahas tips memilih kemeja batik yang sesuai dengan penampilan Anda. Di bawah ini, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek terbaik seperti Danar Hadi atau Batik Trusmi. Jadi, baca hingga akhir, ya!

Cara memilih kemeja batik pria

Ada banyak sekali jenis kemeja batik yang bisa Anda pilih. Namun, perhatikan dahulu beberapa poin penting ini sebelum memilih kemeja batik yang Anda sukai!

Pilih berdasarkan bahannya

Bahan kemeja adalah hal esensial yang perlu diperhatikan agar Anda nyaman memakainya. Pilih bahan yang paling Anda sukai dan cocok untuk Anda kenakan.

Bahan katun yang nyaman untuk tampilan kasual

Bahan katun adalah bahan yang paling banyak ditemukan untuk kemeja batik di Indonesia. Harganya beragam mulai dari yang murah hingga yang mahal. Kualitas katun pun berbeda-beda dan tentunya akan memengaruhi harga batik. Katun primisima adalah salah satu kain berkualitas terbaik.

 

Jika Anda menginginkan kemeja yang nyaman, bahan katun tentu paling ideal untuk dijadikan pilihan. Tak hanya nyaman, bahan ini sangat cocok untuk Anda yang mudah berkeringat karena dapat menyerap secara baik. Untuk Anda yang tidak ingin terlihat terlalu formal, kemeja berbahan katun sangatlah pas.

Bahan sutra yang mewah dan sangat halus

Jika Anda ingin tampilan yang eksklusif dan berwibawa, kemeja batik berbahan sutra adalah pilihan paling ideal. Meski harganya mahal, Anda akan mendapatkan tampilan high fashion. Kain sutra sendiri dibagi menjadi dua macam. Ada kain yang dibuat dengan alat tenun mesin (ATM) dan ada yang dibuat dengan alat tenun bukan mesin (ATBM).

 

Kain yang dibuat dengan ATM akan menghasilkan kain lembut dan sangat halus. Di sisi lain, kain yang dibuat dengan ATBM akan menghasilkan kain yang lebih kasar dan tebal. Kain ATBM juga cenderung lebih mahal karena diproduksi dalam jumlah sedikit. Di samping itu, bahan sutra tergolong baik dalam menyerap kelembapan. Jadi, Anda akan tetap merasa dingin meski di tempat yang panas sekalipun.

Bahan dobby yang mengilat dan terlihat elegan

Karena bahan sutra cukup mahal, tidak banyak produsen batik yang membuat kemeja dari bahan sutra. Mereka cenderung memilih bahan dobby sebagai penggantinya karena bahan ini sama-sama memberi kesan elegan dan berkelas. Bahan dobby merupakan campuran dari bahan poliester dengan bahan katun. Bahan ini memiliki ciri khas motif serat yang menonjol (kotak, garis, dan abstrak) dengan warna yang sedikit mengilap.

 

Di pasaran, kain dobby yang paling umum digunakan untuk batik adalah katun dobby dan sutra dobby.  Bahannya yang licin dan halus sangat cocok untuk dikenakan ke pesta atau acara formal. Namun, dibandingkan bahan katun biasa, bahan ini lebih rendah daya serapnya. Jadi, pastikan tempat yang Anda datangi tidak panas atau bukan acara outdoor.

Pilih berdasarkan motif batik yang sesuai dengan acara

Motif batik klasik, cocok untuk acara resmi

Motif Parang, Sida Mukti, Kawung, Truntum, Nitik, Sogan, Ceplok, dan masih banyak lainnya adalah contoh motif batik klasik. Motif ini cocok untuk Anda yang membutuhkan outfit resmi karena motifnya yang konvensional memberikan nuansa Indonesia yang kental.

 

Warna batik klasik juga biasanya terdiri dari warna cokelat, putih, atau hitam. Warnanya memang cenderung netral supaya mudah dicocokkan dengan bawahan apa pun. Jika Anda ingin terlihat lebih rapi dan formal, kenakanlah kemeja dengan motif klasik ini.

Motif batik modern, untuk tampilan lebih stylish

Dibandingkan motif klasik, motif batik modern jauh lebih beragam dan colorful. Ada motif floral, abstrak, hingga motif batik klasik yang di-mix dengan desain yang lebih eye catching. Warna batik modern juga biasanya lebih variatif, tidak melulu hanya berwarna cokelat atau hitam. Motif ini sangat cocok untuk Anda yang berjiwa muda, ingin terlihat lebih fun dan fresh! Salah satu motif yang banyak dijumpai pada kemeja batik modern adalah motif batik pesisiran Megamendung dari Cirebon.

Di samping itu, kemeja batik modern tak hanya cocok digunakan untuk pergi ke acara formal, tetapi juga bisa digunakan untuk acara santai. Tak jarang, banyak pria yang menggunakan kemeja motif batik modern sebagai outfit sehari-hari untuk hangout bersama teman atau jalan santai bersama keluarga. Anda bisa memadukannya dengan celana jeans dan sneakers untuk membuat Anda terlihat lebih stylish!

Sesuaikan warna batik dengan warna kulit Anda

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kemeja batik adalah kecocokan warnanya dengan warna kulit. Anda tentu tidak ingin terlihat dekil dan jelek saat memakai batik, bukan? Jika Anda memiliki kulit berwarna gelap, hindari warna cokelat terang atau pastel supaya tidak terlihat dekil dan lusuh. Gunakanlah warna hitam, abu-abu yang netral, atau warna cerah seperti biru dan kuning untuk memberi kesan fresh.

Di lain sisi, jika Anda berkulit cerah, warna apa pun tentu cocok dengan Anda. Meskipun begitu, hindari warna pastel atau abu-abu muda jika tidak ingin kulit Anda terlihat pucat. Namun, jika Anda ingin terlihat lebih kalem, warna putih atau pastel bisa menjadi pilihan.

 

Bagikan

10 Rekomendasi Kemeja Batik Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021) | Live Demo

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

KUNJUNGI TOKO KAMI

NAMA TOKO ANDA
Jl. Kesuksesan No. 01, Kel. Noyontaansari
Kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan
Indonesia
E-mail : [email protected]

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Template toko online WordPress idaman seller di Indonesia. Desain keren, fitur lengkap, SEO friendly, fast loading dan tentunya mudah digunakan. Gokil!

Chat via Whatsapp
Jon Snow
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Jon Snow
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja